Jabar Seubeuh

Lesehan Bareng, Kang Hasan Dengarkan Keluhan Nelayan Cirebon

By April 21, 2018 No Comments

Nelayan memiliki fungsi penting sebagai tulang punggung industri perikanan nasional, yang memerlukan perhatian yang optimal dari pemerintah. Salah satunya terkait kehidupan nelayan yang masih jauh dari sejahtera.

Untuk mewujudkan kesejahteraan nelayan, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan, bertemu langsung dengan para nelayan untuk mendengarkan setiap keluhan para nelayan, serta mencari solusi yang tepat dari permasalahan yang dihadapi.

Sambil lesehan bersama, Kang Hasan dicurhati nelayan Kabupaten Cirebon, terkait permasalah izin tangkap ikan, hingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan para nelayan untuk melaut. Menanggapi hal tersebut, Kang Hasan menyampaikan kesanggupannya untuk memenuhi kebutuhan nelayan, dan mewujudkan kemakmuran nelayan di Jawa Barat khususnya Kabupaten Cirebon, melalui program Jabar Seubeuh yang akan ia gulirkan ketika menjadi Gubernur terpilih.

“Pemimpin itu ditugasi untuk melayani rakyat, dan apa saja harus dilakukan selama itu hak rakyat, dan Nelayan ini harus difasilitasi oleh negara apa yang menjadi kebutuhannya,” ungkapnya saat berdialog dengan para nelayan, di TPI Mundu, Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jumat (20/4/2018).

Melalui Jabar Sebeuh, lanjut Kang Hasan, para nelayan juga akan diberikan subsidi dan keringanan dalam memiliki alat tangkap. Sehingga, pekerjaan nelayan tidak terhambat akibat ketiadaan biaya untuk membeli saran dan prasarana yang dibutuhkan. Selain itu, sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo, Kang Hasan, juga akan memberikan asuransi kepada para nelayan, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat melaut. Sementara untuk menjata stabilitas harga pihaknya akan membuat cold storage pada beberapa TPI di Jabar.

“Asuransi ini bukan pengganti nyawa, karena nyawa tak terhitung harganya, tetapi setidaknya, kalau kehilangan keluarga, ada Tombo ati,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Nelayan, Saiman mengatakan, program yang disampaikan Kang Hasan, merupakan kebutuhan nelayan dan solusi yang diinginkan oleh para nelayan di Cirebon. Sosok Kang Hasan, sambungnya, sebagai sosok yang merakyat dan peduli terhadap masyarakat bawah seperti nelayan. Sehingga nelayan mudah menyampaikan setiap aspirasi dan permasalahan yang dihadapi.

“Dengan adanya Kang Hasan kemari Kami siap mendukung dan bertatap langsung dengan calon pemimpin kami. Jadi kami para nelayan enak untuk meminta apapun,” ungkapnya yang disambut riuh para nelayan.

Saiman berharap, setiap program Kang Hasan bisa diwujudkan, dan mampu mensejahterakan masyarakat Jawa Barat, terutama kalangan bawah seperti nelayan.

“Kepada Kang Hasan, kami sekuat tenaga akan mendukung Hasanah memang di Jabar, dan tolong ketika masyarakat mengeluh, tetap disambut dengan baik seperti ini,” pungkasnya.

Selain Jabar Seubeuh, Kang Hasan juga menyampaikan 7 program unggulan lainnya yang akan digulirkan bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton). Diantaranya Boga Gawe, Jabar Cageur, Imah Rempeg, Sakola Gratis, Turkamling dan Budaya serta Jabarmolototcom.